Juwiring - Pembangunan Talud Jalan Poros Desa

Pembangunan Talud Jalan Poros Desa

Pemerintah Desa Juwiring melaksanakan kegiatan Pembangunan Talud Jalan Poros Desa yang berlokasi di Dusun Juwiring Tengah RT. 003 RW. 002 dengan volume P= 102 m T= 0,70 m dan L= 0,30 m yang sumber anggarannya dari Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2024 sebesar Rp. 39.103.000,-

Talud Penahan Tanah (TPT) adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah tertentu yang pada umumnya dipasang pada daerah yang labil. Jenis konstruksi antara lain pasangan batu dengan mortar, pasangan batu kosong, beton, kayu dan sebagainya.

Dengan kata lain merupakan pasangan batu yang dilekatkan dengan campuran semen, pasir dan air untuk melindungi tebing dari keruntuhan tanahnya. Fungsi utama dari konstruksi talud adalah menahan tanah yang berada dibelakangnya dari bahaya longsor akibat Benda-benda yang ada diatas tanah atau perkerasan & konstruksi jalan, jembatan, kendaraan, Berat tanah dan Berat air.

Talud juga dimanfaatkan sebagai Pemeliharaan dinding saluran irigasi, prasarana tepi jalan kondisi khusus dan Perlindungan tanah.

Pembangunan Talud di jalan tersebut sangat penting sekali bagi masyarakat, dikarenakan jalan tersebut adalah jalan poros yang menghubungkan antara dusun Juwiring Tengah dan Juwiring Lor juga Juwiring Kidul, jalan tersebut juga digunakan sarana transportasi hasil pertanian bagi masyarakat sekitar.

Kepala Desa Juwiring Bp. Mastur Komari Mengungkapkan, Jalan tersebut merupakan jalan yang merupakan jalur akses yang digunakan warga sekitar untuk kegiatan sehari-hari, maka saat hujan rawan terjadi kelongsoran atau pergeseran tanah akibat beban-beban kerja yang dapat menjadikan tanah terjadi penurunan sehingga menjadi sempit dan rusak yang berdampak menghambatnya aktivitas warga sehari-hari yang melewati jalan tersebut.

“Jalan tersebut sudah mulai mengikis terbawa arus saluran pembuangan air limbah warga, karena Jalan tersebut merupakan jalan yang merupakan jalur akses yang digunakan warga sekitar untuk kegiatan sehari-hari, kalau tidak segera di tangani akan mengakibatkan kerusakan yang semakin parah, karena jalan tersebut digunakan masyarakat sebagai prasarana perekonomian antar desa, maka dari itu kami berupaya secepat mungkin segera selesai di akhir bulan ini,” Ungkapnya.

Semoga pembangunan Talud Jalan Poros Desa ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat khususnya di desa Juwiring.


Dipost : 10 Juli 2024 | Dilihat : 17

Share :