Juwiring - Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan KKN-T Universitas Alma Ata: Pelatihan Microsoft Word Bersama Ibu-Ibu PKK

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan KKN-T Universitas Alma Ata: Pelatihan Microsoft Word Bersama Ibu-Ibu PKK

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk mengabdi kepada masyarakat. Kegiatan KKN tidak hanya berfokus pada pemberian bantuan fisik, tetapi juga berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan berbagai pelatihan dan penyuluhan yang relevan. Salah satu bentuk kegiatan KKN yang sangat berguna adalah pelatihan pembuatan surat dengan Microsoft Word bersama ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga).

Penggunaan komputer dan perangkat lunak seperti Microsoft Word merupakan hal yang kian penting di era digital ini. Banyak tugas sehari-hari, seperti menulis surat, membuat laporan, dan mengolah data, kini lebih efisien dilakukan dengan bantuan komputer. Namun, tidak semua orang memiliki akses atau pengetahuan yang cukup tentang teknologi ini. Inilah mengapa pelatihan semacam ini sangat bermanfaat, terutama untuk kelompok masyarakat yang mungkin belum terbiasa dengan penggunaan komputer.

Dalam pelatihan ini, mahasiswa KKN-T Universitas Alma Ata dapat berperan sebagai fasilitator yang membantu ibu-ibu PKK memahami dasar-dasar penggunaan Microsoft Word. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil dalam pelatihan tersebut

  1. Pengenalan Microsoft Word:

 - Memulai dengan pengenalan dasar tentang apa itu Microsoft Word dan manfaatnya dalam pembuatan surat.

  1. Pengoperasian Dasar:

   - Mempelajari bagaimana membuka Microsoft Word, membuat dokumen baru, dan menyimpannya.

  1. Formatting Dasar:

   - Mengajarkan cara mengatur format teks, seperti mengubah jenis font, ukuran teks, warna, dan alinea.

  1. Penulisan Surat:

   - Memberikan panduan langkah demi langkah dalam menulis surat, termasuk penggunaan paragraf, penyisipan gambar, dan penggunaan tabel jika diperlukan.

  1. Penyimpanan dan Pengiriman Surat:

   - Menyajikan informasi tentang cara menyimpan surat dalam format yang sesuai dan cara mengirimkannya melalui email atau mencetaknya.

  1. Praktek:

   - Memberikan kesempatan kepada ibu-ibu PKK untuk berlatih membuat surat dengan bimbingan dari mahasiswa KKN.

  1. Tanya Jawab:

   - Memberikan waktu untuk pertanyaan dan jawaban, sehingga peserta dapat mengatasi kesulitan atau keraguan mereka.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada ibu-ibu PKK dalam hal kemampuan menulis surat menggunakan Microsoft Word, tetapi juga membuka peluang bagi mereka untuk lebih terlibat dalam kehidupan digital. Hal ini dapat meningkatkan akses mereka ke berbagai informasi dan layanan yang tersedia secara online.

Melalui program KKN yang mengadakan kegiatan pelatihan ini, kita dapat melihat bagaimana mahasiswa dapat berkontribusi positif dalam memberdayakan masyarakat. Keterampilan yang diajarkan dalam pelatihan ini bukan hanya sekedar keterampilan teknis, tetapi juga membuka pintu bagi pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup.

Dalam kesimpulannya, program KKN-T Universitas Alma Ata yang mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan surat dengan Microsoft Word bersama ibu-ibu PKK adalah contoh nyata bagaimana pendidikan dan teknologi dapat bersinergi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan demikian, kita berharap bahwa program-program semacam ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

Penulis     : KKN-T Universitas Alma Ata

DPL        : Prasetya Lestari, SST., M.Kes

Lokasi      : Desa Juwiring, Kec. Cepiring, Kab. Kendal


Dipost : 06 September 2023 | Dilihat : 277

Share :

s